Sunday, June 11, 2017

Kenali Jenis-Jenis Ayam Bangkok Berdasarkan Katuranggan

Kenali Jenis-Jenis Ayam Bangkok Berdasarkan Katuranggan

Dalam pemamaan katuranggan, warna bulu dianggap bisa mempengaruhi bagaimana suatu jenis ayam bangkok dalam menjalani pertarungan di medan laga. Pemahaman ini dipercaya oleh banyak botoh ayam dan diyakini sebagai suatu kebenaran. Salah satu hal yang membuat pemahaman katuranggan ayam dipercaya adalah karena warna bulu ayam bisa mempengaruhi mental ayam lawan ketika bertarung. Benarkah pemahaman ini bila ditinjau dari sisi logis? Apa saja jenis-jenis ayam bangkok berdasarkan warna bulunya? Bagaimana kelebihan dari jenis ayam bangkok yang berbulu wiring kuning, taduang atau hitam, bangkeh, serta warna bulu ayam lainnya? Simak pemaparan berikut untuk mendapatkan semua jawabannya! Selamat membaca!

Katuranggan Jenis Ayam Bangkok dari Warna Bulu

Warna bulu memang bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi berkelas atau tidaknya suatu ayam bangkok. Akan tetapi, bulu dengan warna yang indah sering kali menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pemiliknya. Bulu ayam bangkok bahkan acap menjadi standar kualitas dan nilai harga. Berikut ini adalah beberapa jenis ayam bangkok berdasarkan warna bulunya dalam ilmu katuranggan.

1. Ayam Wiring

Ayam wiring adalah jenis ayam bangkok dengan warna bulu hitam dengan rawis kuning kemerahan pada bagian ekor dan lehernya. Ayam wiring dibedakan menjadi 2 jenis yaitu ayam wiring kuning dan ayam wiring galih. Ayam wiring kuning adalah ayam wiring dengan ayam dengan warna dominan rawis kuning keemasan serta mempunyai paruh dan kaki yang juga berwarna kuning. Ayam wiring galih adalah ayam dengan rawis yang warnanya cenderuh merah-merah tuah kecoklatan. Perlu diketahui bahwa ayam wiring merupakan ayam kelas satu dalam katuranggan ayam bangkok. Oleh karena itu, sering kita jumpai ayam dengan bulu wiring akan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

2. Ayam Hitam atau Taduang

Setelah ayam wiring, jenis ayam bangkok selanjutnya adalah ayam hitam atau ayam taduang. Ayam ini mempunyai karakteristik bulu dan rawis serta paruh, mata, dan kakinya berwarna hitam. Ayam hitam sering dipercaya mempunyai tuah. Kesaktian dalam bertarung pada ayam hitam bisa muncul tanpa diduga duga. Akan tetapi tidak semua ayam hitam (taduang) memiliki sifat yang demikian. Semuanya tergantung pada pulung si pemiliknya.

3. Ayam Bangkeh

Ayam bangkeh adalah jenis ayam bangkok dengan bulu kuning kemerahan baik pada rawis maupun pada bulu utamanya. Dalam katuranggan, ayam bangkeh dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu ayam bangkeh api dan ayam bangkeh emas. Ayam bangkeh api adalah ayam bangkeh dengan warna bulu kuning gelap kemerahan, sedangkan ayam bangkeh emas adalah ayam bangkeh dengan warna bulu kuning keemasan.

4. Ayam Kanso Atau Kelabu

Selanjutnya adalah ayam Kanso atau ayam kelabu. Jenis ayam bangkok ini memiliki bulu dengan warna dasar abu-abu. Dibedakan menjadi 2 jenis juga, yaitu ayam kanso monyet dan ayam kanso api. Ayam kanso monyet adalah ayam dengan rawis abu-abu kehitaman (gelap), sedangkan ayam kanso api adalah ayam kanso dengan rawis berwarna kuning kemerah-merahan.

5. Ayam Kuriak atau Jali

Ayam kuriak adalah jenis ayam bangkok dengan warna bulu campuran. Artinya bulu ayam ini bisa merupakan perpaduan dari berbagai warna, misalnya hitam, putih, atau warna-warna lainnya. Adapun dalam dunia ayam adu, ayam kuriak sangat jarang ditemui. Oleh karena kelangkaannya, ayam ini juga sering dijual dengan harga mahal.

6. Ayam Kinantan Atau Putih

Terakhir adalah ayam kinantan. Jenis ayam bangkok ini memiliki bulu dengan warna utama putih. Warna tersebut bahkan juga menjadi warna sisik kaki, paruh, hingga matanya. Ayam kinantan dianggap memiliki tuah yang tanpa ampun. Bila sedang hoki, pemiliknya bisa mendapat ayam kinantan yang benar-benar jago di medan tempur.

Nah, demikianlah jenis-jenis ayam bangkok berdasarkan warna bulunya dalam ilmu katuranggan. Masuk dalam jenis ayam manakah ayam bangkok milik Anda? Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment