Saturday, June 10, 2017

Beberapa Ciri Ayam Bangkok Istimewa yang Dirahasiakan Botoh Tua

Beberapa Ciri Ayam Bangkok Istimewa yang Dirahasiakan Botoh Tua


Ayam aduan istimewa adalah ayam aduan yang punya kualitas terbaik dari sisi penampilan fisik dan dari gaya bertarungnya. Ayam istimewa akan banyak dicari orang karena selalu menangan dalam setiap pertadingan. Kita bisa menemukan ayam istimewa dari berbagai jenis ayam aduan, seperti ayam saigon, ayam Filiphina, ayam Brazilian, ayam Burma dan lain sebagainya. Akan tetapi, dari sekian banyak jenis ayam aduan tersebut, ayam bangkok menjadi yang paling diminati. Bagi Anda yang belum mengetahui seperti apa ciri-ciri ayam bangkok istimewa, berikut ini kami akan mengulas pembahasannya sebagai tambahan pengetahuan untuk kita semua. Silakan disimak!

Ayam Bangkok Istimewa

Selain dapat ditinjau dari bagaimana gaya bertarungnya di gelanggang laga, ayam bangkok istimewa juga dapat dikenali dari ciri-ciri fisiknya. Bentuk fisik tubuh memang sangat berpengaruh bagi kemampuan bertarung ayam aduan. Sehingga tak jarang para botoh tua menggunakan standar ini dalam menentukan apakah suatu ayam tergolong istimewa atau biasa saja.

Secara umum, ciri fisik ayam bangkok istimewa dibedakan menjadi ciri khusus dan ciri umum. Ciri khusus menjadi prioritas utama sedangkan ciri umum hanya sebagai pelengkap tambahan saja.

Adapun ciri khusus yang pasti dimiliki oleh ayam bangkok istimewa dengan gaya bertarung yang mempesona antara lain memiliki bentuk kepala seperti buah pinang, postur tubuh panjang bulat, sayapnya rapat dan panjang, mempunyai paha yang bulat pipih dan pangkal ekornya besar dan kaku.

Ciri-ciri umum adalah ciri yang tidak harus ada pada ayam bangkok istimewa. Artinya, saat ciri khusus sudah ada semua, maka ciri umum boleh diabaikan. Namun, akan lebih baik bila semua ciri ciri, baik khusus maupun umum, keduanya ada pada tubuh ayam tersebut. Adapun ciri umum yang sebaiknya dimiliki memiliki paruh yang panjang dan tebal menyerupai paruh elang, lehernya lurus dan tebal, dada bidang dan bahunya kuncup, bulu ekornya lebat hingga menyentuh tanah, lutut menekuk, kaki kering dengan sisik yang rapih, serta jarinya panjang dan halus.

Memang tidak akan mudah bagi kita untuk menemukan ayam bangkok dengan semua ciri di atas. Namun, saat Anda menemukan ayam dengan ciri-ciri khusus yang lengkap, itu saja sudah cukup. Anda bisa melatih ayam tersebut menjadi ayam aduan juara atau menjadikannya sebagai induk jantan bila ingin membudidayakannya.

Menemukan ayam bangkok istimewa juga dapat dilakukan dengan memilih ayam bangkok yang masih keturunan F1 dari ayam bangkok asli. Ayam jenis ini dapat dikenali dari ciri fisik antara lain badannya panjang dengan tulangan kaku dan kasar, suara kokoknya keras tapi pendek, serta di bagian pangkal paha bagian belakang, ditemukan bulu dengan warna yang sama dengan bahu, leher, dan punggungnya.

Ayam bangkok istimewa keturunan F1 umumnya juga memiliki pendar kuning pada pupil matanya. Namun ciri yang paling utama adalah dari kerapatan tulangnya. Kerapatan tulang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan kelincahan ayam bangkok aduan di medan laga. Dalam menentukan jenis tulang ayam bangkok yang baik, Anda bisa mengikuti indikator berikut ini:
  1. Tulang sambungan antara kepala dan leher lebih baik tidak menonjol.
  2. Makin rapat ruas tulang leher maka kualitas ayam akan semakin baik.
  3. Makin rapat celah sambungan leher dan bahu semakin baik.
  4. Makin tebal tulang sayap dalam semakin baik.
  5. Makin bulat (tidak bidang) tulang pinggul semakin baik.
  6. Makin lebar tulang dada semakin baik.
  7. Makin dekat jarak tulang dada belakang dengan supit.
  8. Makin rapat tulang supit semakin baik.
Nah demikianlah beberapa ciri ayam bangkok istimewa yang mungkin bisa dijadikan acuan ketika Anda akan membeli Ayam Bangkok aduan. Perlu diketahui bahwa ciri-ciri tersebut biasanya sudah tampak saat ayam masih dalam usia anakan dan remaja. Cermatlah dalam memilih sehingga usaha Anda dalam merawat ayam bangkok juara Anda bisa benar-benar membuahkan hasil yang optimal.

No comments:

Post a Comment