Saturday, June 10, 2017

Ciri-ciri Sisik Kaki Ayam Bangkok Pukul Mati dalam Katuranggan

Ciri-ciri Sisik Kaki Ayam Bangkok Pukul Mati dalam Katuranggan


Nenek moyang sesama pehobi ayam di masa silam telah mewariskan banyak ilmu. Terkait dengan dunia ayam bangkok misalnya, mereka telah mewariskan ilmu katuranggan yang bisa kita gunakan untuk memprediksi kemampuan ayam bangkok dalam bertarung. Meski terbilang metode tradisional, bukan berarti ilmu katuranggan ayam bangkok harus kita tinggalkan. Justru ilmu inilah yang harus kita berdayakan sehingga tidak punah dimakan zaman.

Sisik Kaki Ayam Bangkok

Ilmu katuranggan membahas tentang banyak hal yang menjadi ciri ayam bangkok berkualitas. Salah satu yang dibahas misalnya tentang sisik kaki. Dalam ilmu ini, sisik kaki dipercaya bisa menggambarkan bagaimana kekuatan pukulan dari ayam bangkok tersebut. Berikut ini ada 10 jenis sisik kaki ayam bangkok yang ada dalam katuranggan Jawa lengkap dengan gambar dan keunggulannya masing-masing. Silakan disimak!

 1. Sisik Batu Lapak

Ayam dengan katuranggan sisik batu lapak dipercaya akan memiliki pukulan yang dapat menghilangkan tenaga lawannya. Jika pukulan ayam tersebut tepat mengenai leher atau kepala ayam lawan, maka dapat dipastikan si ayam lawan akan limbung dan lemas. Ciri ayam dengan katuranggan ini adalah adanya sisik yang tersusun rapi pada telapak kakinya.

2. Sisik Batu Rantai

Pukulan ayam bangkok dengan katuranggan sisik batu rantai dipercaya akan terasa panas, keras dan menyakitkan bagi lawannya. Kendati demikian, ayam dengan sisik semacam ini berdasarkan pengalaman umumnya akan mudah mengalami turun urat. Katuranggan ayam batu rantai dicirikan dengan adanya sisik di bawah jari-jarinya.

3. Sisik Naga Temurun

Ciri ayam bangkok dengan katuranggan sisik naga temurun dicirikan dengan sisik kaki bagian belakang yang menghadap ke bawah. Ayam dengan susunan sisik demikian umumnya memiliki pukulan yang sangat membahayakan, keras, dan mematikan. Bahkan dipercaya pukulan ayam bangkok dengan sisik naga temurun jika mengenai tulang lawan, dapat menyebabkan tulang tersebut remuk di bagian dalam.

4. Sisik Naga Banda

Susunan sisik kaki ayam naga banda terlihat menyerupai sisik kulit buah salak. Biasa pula sisik katuranggan ini disebut dengan nama beras wutah atau tabur beras. Pukulan ayam dengan sisik naga banda dipercaya mempunyai tuah dan dapat membuat ayam lawan lari tunggang langgang meski pertandingan baru berjalan beberapa detik.

5. Sisik Naga Mangsa

Keunikan sekaligus ciri khas dari ayam dengan katuranggan sisik naga mangsa atau ubed jalu ini adalah adanya ubed yang melingkar di bagian pergelangan kakinya sehingga menyerupai gelang. Sangat jarang kita dapat menemukan ayam dengan sisik semacam ini. Pukulan dari ayam naga mangsa akan mampu melumpuhkan lawan dalam waktu yang sangat singkat.

 6. Sisik Batu Karang

Ciri khas dari ayam bangkok yang mempunyai sisik batu karang adalah sisik di kakinya pecah semua. Kemampuan dalam melakukan manuver biasanya sangat menakjubkan. Manuver pukulannya sering diarahkan pada mata lawan. Oleh karena itu, sangat berbahaya jika sampai terkena mata karena bisa menyebabkan ayam lawan mengalami kebutaan permanen.

7. Sisik Tanjung Karang

Sisik kaki ayam bangkok dengan katuranggan tanjung karang pecah-pecah di bagian belakang jari kiri dan kanannya. Ayam bangkok dengan sisik semacam ini umumnya akan memiliki pukulan yang sulit ditebak lawannya. Sekali mengena ke bagian kepala, pukulan ayam tersebut akan mampu lawan linglung dan hilang kesadaran.

8. Sisik Satriya Sinekti

Satriya sinekti adalah nama katuranggan ayam yang tidak memiliki sisik sama sekali pada kakinya. Kaki ayam satriya sinekti mulus tanpa sisik apapun. Dalam pengalaman para nenek moyang pehobi ayam di masa silam, ayam dengan katuranggan sisik kaki ini cenderung pasti menang dalam setiap laga. Akan tetapi, ayam satriya sinekti sekarang ini semakin sulit ditemukan.

9. Sisik Tunggak Winarayan

Lawan akan lari tunggang langgang ketakutan jika bertemu dengan ayam yang memiliki katuranggan sisik tunggak winarayan. Ciri khas dari ayam ini adalah pecahnya jari kelingking baik yang kiri maupu kanan. Kekuatan pukulannya bahkan bisa membuat mati KO. Jarang bisa kita temukan ayam dengan katuranggan ini, bahkan di Google Image pun saya tidak dapat menemukan gambarnya.

10. Sisik Putri Kinurung

Terakhir adalah putri kinurung. Ayam dengan katuranggan sisik ini dicirikan dengan adanya sisik yang menyelip keluar di antara sisik utama kaki ayam. Pukulan kaki dari ayam putri kinurung bisa membuat lawannya limbung dan KO. Akan tetapi, teknik bertarungnya biasanya monoton dengan gerakan manuver yang itu-itu saja.

Nah, demikianlah 10 katuranggan sisik kaki ayam bangkok yang dapat kami sampaikan di artikel kali ini. Anda boleh mempercayai boleh juga tidak. Yang jelas, ilmu inilah yang berhasil diwariskan nenek moyang sesama pehobi ayam bangkok di masa silam. Bukan asal-asalan menulis, mereka mendapatkan ramalan ini tentu dari uji coba dan teknik “titen”. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment