Sunday, June 11, 2017

Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, dan Cara Membuatnya

Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, dan Cara Membuatnya

Kandang merupakan sarana vital yang menunjang keberhasilan budidaya ayam bangkok. Tanpa kandang yang baik, ayam yang sudah dibesarkan akan mudah terserang penyakit, dicuri, atau mengalami masalah-masalah lain. Adapun dalam proses breeding, kandang juga berfungsi sebagai tempat hidup anakan ayam bangkok yang masih berusia muda. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana cara membuat kandang ayam bangkok, syarat-syarat, desain, serta ukurannya. Silakan disimak!

Kandang Ayam Bangkok

Kandang yang baik adalah kandang yang dapat menjadi tempat hidup nyaman bagi ayam bangkok dan mampu menghindarkan ayam yang dipelihara dari segala macam musibah. Untuk membuat kandang ayam bangkok yang baik, dibutuhkan lokasi ideal yang memenuhi syarat-syarat berikut:
  1. Lokasi sekurang-kurangnya berjarak minimal 5 meter dari rumah dan jauh dari kandang ayam lainnya (terutama kandang tempat budidaya ayam potong).
  2. Kontur tanah datar dan memiliki pohon pelindung yang dapat mengatur sirkulasi udara dan intensitas sinar matahati ke dalam kandang.
  3. Memiliki saluran air yang lancar sehingga saat hujan air tidak menggenangi lingkungan sekitar.
  4. Diutamakan lokasi yang banyak ditumbuh rumput. Ayam menyukai rumput sebagai makanan pengganti serat.
  5. Arah kandang menghadap sinar matahari pagi dan sejalur dengan arah angin untuk menghindari penularan penyakit dari luar.
  6. Ada baiknya bila lokasi dipagari secara permanen menggunakan semen dan batu bata. Jika anggarannya tidak ada, pagar juga bisa dibuat dari bambu atau kawat.
Nah, setelah memahami syarat lokasi kandang ayam bangkok yang ideal, selanjutnya akan kita bahas mengenai jenis-jenis kandang ayam bangkok lengkap dengan desain dan ukurannya. Silakan disimak!

1. Kandang Umbaran Satuan

Kandang umbaran satuan adalah kandang yang multifungsi. Kandang ini dapat digunakan sebagai kandang kawin, kandang umbaran, sekaligus sebagai kandang anakan usia 1,5-3 bulan. Kandang ini dibuat dari dengan ukuran ideal panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2,5 meter. Alas kandang sebaiknya berupa tanah yang dicampuri pasir. Alas yang demikian bermanfaat untuk membentuk struktur cakar dan jari-jarinya. Selain itu tambahkan pula tenggeran dari kayu untuk tempat bermainnya. Adapun secara lebih jelas, berikut ini gambar kandang umbaran untuk dapat Anda tiru desainnya.

2. Kandang Postal

Kandang ayam bangkok selanjutnya adalah kandang postal. Kandang ini dikhususkan bagi anak ayam yang baru menetas. Ukurannya lebih kecil dari kandang umbaran, yakni panjang 1 meter, lebar 0,8 meter, dan tinggi 1 meter. Ukuran kandang postal yang demikian umumnya bisa menampung 10-15 anakan ayam.

Dinding kandang ayam bangkok untuk postal bisa dibuat dari kawat dan dibagian dalamnya harus dilengkapi dengan pemanas yang terbuat dari lampu bohlam. Alasnya bisa diberi sekam padi untuk menjaga kelembaban dan diganti minimal 3 hari sekali. Berikut ini adalah gambar dari kandang postal untuk anak ayam bangkok. 

3. Kandang Tidur

Kandang tidur dibuat khusus untuk tidur malam hari. Alas kandang ini ditinggikan dengan bentuk panggung minimal 1,5 meter dari tanah untuk menghindari suhu tanah yang dingin saat malam. Gambar 3 menunjukan gambar ayam bangkok bertipe panggung. Anda bisa meniru strukturnya saat akan membuat kandang ayam bangkok Anda.

Kesemua jenis kandang ayam di atas harus dilengkapi dengan wadah pakan dan air minum. Agar bebas dari penyakit, kandang-kandang tersebut juga harus dijaga kelembabannya. Pemilihan bahan atap, pengaturan sirkulasi udara, serta sanitasi menjadi penting sebagai tahapan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ayam bangkok dalam jangka panjang.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis kandang ayam bangkok lengkap dengan desain, ukuran, dan gambarnya. Semoga bisa menginspirasi pembuatan kandang untuk usaha ternak ayam bangkok yang Anda rintis. Salam!

No comments:

Post a Comment